Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Saturday, July 14, 2012

Balado Udang & Kentang


Lama juga yaaa aku gak upload masakan. Karena rasa malas masak melandaku, jadi dirumah aku masak yang simpel dan seadanya aja. Ini pun aku juga masak yang simpel, xixixi. Karena masih malas juga, jadi aku foto seadaanya aja. Ga apa deh yaaa, yang penting bisa berbagi :D

Kali aku masak balado udang yang dicampur kentang. Biasanya aku ga pernah masak udang, karena suami alergi smua makanan sea food. Tapi aku bosen banget dengan masakan yang itu - itu aja, ya sudah coba - coba deh masak udang....

Yang mau coba resepnya ala aku, check it out  yuukk resepnya....


Balado Udang & Kentang
by Tita Kusumaningrum


Bahan :
1/4 kg udang, buang kepalanya, cuci bersih
1 sdt garam
1 buah jeruk nipis

1/4 kg kentang, potong - potong memanjang

Bumbu, giling kasar :
5 buah cabe besar
7 buah rawit / cabe kecil
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 buah tomat

1 sdt garam
1 sdt gula
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
5 buat cabe rawit utuh
minyak goreng secukupnya


Cara membuat :
- Bersihkan udang, beri garam dan jeruk nipis, aduk rata.Diamkan selama 15 menit.
- Goreng kentang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sisihkan.
- Goreng udang hingga matang dan kulitnya berubah warna. Sisihkan.
- Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah di ulek atau digiling kasar. Kemudian masukkan gara, gula, daun salam, lengkuas dan cabe rawit. Masak sampai bumbu matang dan sedikit berkurang minyaknya.
- Masukkan kentang dan udang yang sudah digoreng, aduk rata.
- Matikan api. Balado udang dan kentang siap disajikan. Lebih nikmat bila disantap dengan nasi hangat.


Selamat Mencobaaa :)



No comments:

Post a Comment