Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Wednesday, March 28, 2012

Ayam Bumbu Woku


Lagi jalan - jalan di blog NCC mau cari - cari resep. ternyata aku ketemu resep Ayam Bumbu Woku, masakan khas Manado. Wah jadi pengen banget mau coba, apalagi disebutkan rasa masakan ini dengan citarasa pedas, enak dan nikmat dimakan dengan nasi hangat. Setelah aku lihat bumbu dan cara membuatnya ternyata gak terlalu sulit, ya sudah langsung saja aku mencobanya...




Ayam Bumbu Woku
by NCC Modified by Tita Kusumaningrum

Bahan :
1/2 kg ayam, potong -potong dan cuci bersih
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdm garam

Bumbu, haluskan :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
10 buah cabe rawit merah, bisa ditambah jika suka pedas
5 butir kemiri
1 ruas jahe

1/2 sdm kunyit bubuk
1 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 buah tomat besar ( bisa pakai tomat hijau), potong kotak
2 ikat daun kemangi
1 batang daun bawang, potong memanjang
10 buah cabe rawit utuh
1/2 sdm garam
1/2 sdm gula
250 ml air
3 sdm minyak goreng


Cara Membuat :
- Lumuri ayam yang sudah dicuci dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Kemudian goreng setengah matang hingga sedikit kecoklatan.
- Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan kunyit bubuk, masak hingga matang dan harum.
- Masukkan daun jeruk, daun salam dan serai.
- Tuang air, masak sampai mendidih kemudian masukkan tomat, cabe rawit, garam dan gula.
- Masukkan ayam yang sudah digoreng, tutup wajan. Masak hingga ayam matang dan bumbu menyerap. Masak dengan api kecil sampai air sedikit berkurang. Lakukan tes rasa.
- Masukkan daun bawang dan daun kemangi. Aduk sebentar. Angkat dan matikan Api. Siap disajikan dengan nasi hangat.



Ternyata bener deh kalau enak banget rasanya. Sedap deh pokoknya. Suamiku aja makannya sampe nambah terus loh. Seneng lihatnya. Alhamdulillah. Rasanya asam pedas segar gitu, ditambah dengan wanginya daun kemangi buat masakan ini makin sedap. Buat yang suka pedas perlu nyobain deh masakan ini. Sekilas emang mirip dengan pesmol ya, tapi tetap berbeda karena ini menggunakan daun kemangi. Yuukk dicoba. Enak banget deh pokoknya....

No comments:

Post a Comment