Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Wednesday, March 7, 2012

Cassava Brownies


Yeah, akhirnya bikin juga deh Cassava brownies. Udah lama banget pengen nyobain, tapi sayangnya di Bali ga ada. Kebetulan pas pulang ke Malang, disempetin deh kerumahnya mbak Yunita. Kesampain juga deh akhirnya. Yippie !

Cassava Brownies ini bukan terbuat dari tepung terigu biasa, melainkan dari tepung MOCAF ( Modified Cassava Flour ). Rasanya hampir sama aja dengan yang terbuat dari terigu cuma kalo yang dari Mocaf ini Gluten Free dan hasil kue yang menggunakan tepung Mocaf ini tidak terlalu tinggi seperti kalau kita menggunakan terigu biasa.



Resepnya masih tetep nyontek punya Bunda ricke. Cuma aku buat 2/3 dari resep asli, biar lebih tinggi hasilnya. Yang aku tulis disini 2/3 dari resep ya. Dan kalo mau lihat resep aslinya bisa lihat disini....


Cassava Brownies
by Ricke Indriani, Modified by Tita Kusumaningrum

Bahan :
150 gram margarine
85 gram dark cooking chocolate
---> Lelehkan bersama, sisihkan

135 gram tepung MOCAF
35 gram coklat bubuk
15 gram susu bubuk full cream
½ sdt baking powder
1 sdt vanilla

3 butir telur ukuran sedang
200 gram gula pasir

Taburan:
Kacang-kacangan (mede, almond, kenari, dll), Chocolate chips sesuai selera



Cara membuat:
- Panaskan oven 180’C. Siapkan buah loyang brownies ukuran 10x30x4 cm, olesi dengan margarine, alasi dengan kertas roti (lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm untuk mengeluarkan brownies dari loyang), olesi lagi dengan margarine. Sisihkan.
- Ayak bahan kering: tepung MOCAF, coklat bubuk, susu bubuk, baking powder. Sisihkan.
- Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang) dengan menggunakan hand whisk atau mixer sebentar saja. Masukkan campuran dark chocolate dan margarine yang sudah dilelehkan dan vanilla. Aduk rata.
- Masukkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk rata cukup hingga bercampur rata saja. Jangan over mix.
- Tuang ke loyang, taburi dengan bahan taburan sesuai selera. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing. ( aku 60 menit )
- Keluarkan dari oven. Biarkan sebentar dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengankat kertas rotinya. Dinginkan dan potong-potong.




Browniesnya empuuukk loh, ga kalah dengan brownies yang terbuat dari terigu biasa. Dan pastinya nyoklat gitu loh. Setelah dibesokin, browniesnya tambah enak dan makin nyoklat juga :D. Ayoo buruan cobain. Tapi untuk yang ditempatnya ada tepung Mocaf ya. hihihi. Buatnya juga lebih gampang, cukup diaduk aja dan ga perlu menggunakan mixer.



Gak mau repoottt?? Boleh order kok.... :))

No comments:

Post a Comment