Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Wednesday, March 21, 2012

Martabak Bolu Pandan


Hujan seharian ga berhenti, jadi pingin bikin camilan yang simpel dan gak ribet. Udah lama juga sih aku gak buat camilan martabak ini. Favoritku berdua sama suamiku. hihihi. Suka banget deh.

Alhamdulillah skarang udah bisa ya bikin martabak sendiri meski hasilnya ga maksimal seperti kita beli. Soalnya sekarang suka ngeri sendiri kalo liat berita di tivi. Jadi mendingan bikin sendiri aja deh. Bahannya terjamin, bersih dan lebih sehat lagi. Yang kita dapatpun jadi lebih banyak dibanding kalau beli. Meski capek sedikit tapi puas deh ama hasilnya. hehehe :D



Resepnya aku masih tetep pake resepnya bunda Ricke. Udah cocok sih dengan resepnya. Kebetulan suamiku juga suka. Resepnya juga udah aku posting disini, aku tulis lagi aja deh biar gampang. Bunda Ricke ijin copas yaaa


Martabak Bolu Pandan
by Ricke Indriani

Bahan :
100 gram terigu protein sedang
25 gram gula pasir halus --> aku pake gula halus
1/2 sdt ragi instant
150 ml santan hangat

1 butir telur
1 buah kuning telur
25 ml air perasan daun pandan --> aku ga pake
1/2 sdt pasta pandan --> aku 1 sdt
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Taburan filling:
Keju cheddar parut, coklat meisis, palleta blueberry

Dusting:
Gula halus


Cara membuat :
- Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
- Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
- Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
- Panas - panas olesi dengan margarin, beri topping sesuai selera, sajikan hangat. 



Rasanya enak banget. Empuk juga. Suka banget deh ama martabak satu ini. Skali bikin langsung habis. Jadi kepingin buat lagi deh ;p



Kalau ini penampakan sebelum diberi topping. Lumayan deh ada bolong - bolongnya. Soalnya aku buatnya udah sore sih, mana hujan juga. Mungkin ragi nya kurang sempurna bekerja. Lagian didiamkan cuma sebentar. Udah ga sabar. hehehe. Meski gitu tetap endang gulindang kok :D



Selain buat pake cetakan lumpur, aku juga nyobain buat pake teflon. hihihi. Belum punya cetakan martabak asli, jadi apa aja dimanfaatkan.



Martabak yang sudah dipotong. Langsung deh masuk mulut. hihihi. Gak begitu bersarang ya, soalnya pakai teflon. Tapi aku sempat sih liat di tivi, kalau jenis martabak bolu ini gak akan banyak sarangnya seperti martabak manis biasa, dan rasanya lembut seperti bolu. Karna itu dinamakan Martabak Bolu :D

No comments:

Post a Comment