Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Monday, March 5, 2012

Banana Cake


Cake yang sempat aku buat di Malang dan ada fotonya. Biasanya kalo buat dah ga sempet ke foto. kebetulan mama punya pisang banyak dan dah seperti mau busuk. Langsung aku olah aja deh pisangnya jadi Banana Cake atau bolu pisang.

Resepnya hasil aku googling, dan akhirnya ketemu resepnya di blog dapoerkoe. tapi resepnya udah aku modifikasi dan reep yang kutulis 1,5 resep dari aslinya. Hihi maaf ya jadi aku acak - acak deh resepnya. Yuuukk ceck it out yaaaa




Banana Cake
Sumber Yasa Boga "Bolu dan Cake", copas dari blog dapoerkoe, Modified by Tita Kusumaningrum

Bahan :
225 gram Margarin
100 gram gula halus
100 gram gula palem
6 butir kuning telur
500 gram pisang matang (ambon atau cavendish), lumatkan dan campur dengan 1 sdm air jeruk nipis
6 putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis
50 gram gula halus
Campur dan ayak :
340 gram tepung terigu segitiga
1 sdt baking powder
Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pake loyang tulban 24 cm),  olesi dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi lagi dengan margarin. Sisihkan.
- Kocok mentega, gula bubuk dan gula palem hingga lembut, masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- Masukkan bergantian campuran tepung dan pisang, aduk perlahan menggunakan spatula atau kocok dengan mikser kecepatan rendah hingga rata
-Kocok putih telur, garam dan jeruk nipis sampai setengah mengembang, masukkan gula halus, kocok lagi sampai SOFT PEAK
- Lakukan teknik pancingan. Ambil 1/3 bagian adonan ke dalam putih telur, aduk balik secara perlahan. Kemudian masukkan campuran tadi ke sisa putih telur, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang dengan suhu 175oC kurang lebih 50 menit atau sampai matang. Sesuaikan oven masing-masing ya. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui cake nya matang atau belum.
- Angkat dan keluarkan cake dari loyang. Tunggu digin, potong - potong dan sajikan.
* Untuk resep aslinya bisa lihat disini  ya
Alhamdulillah smua kluargaku suka dengan cake buatanku. Dan ini cake yang sempat aku selamatkan untuk difoto sebelum ludes tak bersisa. Tapi knapa bawahnya seperti terlihat bantat ya? padahal kalo dimakan ga bantat loh. Jadi kurang cantik deh. Apa kebanyakan pisangnya kali yah. Cuma mamaku sih bilang kalau cake pisang emang seperti gini. Ya gak apa - apa deh, meski belum cantik banget hasilnya, yang penting maknyuuuzzzz rasanya. :D 
Kalau yang ini penampakan cake masih baru mateng, setelah cake diangkat dan dikeluarkan dari loyang :D

No comments:

Post a Comment