Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Monday, March 5, 2012

Stik Cabe

Benernya ini foto udah lama. Aku buatnya sebelum berangkat ke Malang, cuma belum sempat aja dimasukin di blog. Nah skarang udah di Bali lagi jadi deh baru bisa buka blog lagi. hihihi

Biasanya yang udah umum itu namanya Cheese Stick atau Stik Keju, tapi ini aku modifikasi dengan menggunakan cabe bukan keju. Jadi ada rasa pedesnya. Enak looohh :D. Ntar lain kali mau nyobain juga yang rasa bawang, kayanya enak juga yaahhh.

Ayoo yang mau nyobain ini aku tuliskan resepnya. Asal resepnya sih dari mamaku, tp udah aku modifikasi.


Stik Cabe
by Tita kusumaningrum

Bahan : 
600 gram tepung terigu protein sedang
400 gram tepung terigu protein tinggi
atau bisa juga full terigu protein sedang smua
4 butir telur
150 gram margarin
60 cc air ( bisa ditambah atau dikurangi)
25 gram kaldu bubuk
10 gram garam

100 gram cabe besar
250 gram cabe rawit ( bisa ditambah kalau mau pedas)
-> kukus, lalu haluskan ( aku diblender )

Minyak secukupnya untuk menggoreng ( deep frying )


Cara Membuat :
- Campur dalam wadah, tepung terigu, garam dan kaldu bubuk.
- Masukkan margarin, aduk rata.
- Buat lubang di tengahnya, masukkan telur satu per satu. Aduk Rata.
- Masukkan cabe yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
- Masukkan air sedikit demi sedikit, aduk rata. Hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Lakukan tes rasa. Adonan siap digiling. Adonan jangan terlalu lembut karna nanti saat digiling bisa lengket hasilnya.
- Giling adonan menggunakan penggilingan pasta sampai adonan halus dari nomor 1-4. Sesuaikan dengan gilingan masing - masing ya, Kalau aku, giling dulu adonan di nomor 1 kemudian haluskan lagi adonan yang sudah digiling di nomor 3.
- Potong - potong adonan sesuai selera panjangnya. Kalau aku panjangnya sekitar 10 cm, kalau kurang panjang bisa ditambah.
Adonan yang sudah dipotong digiling kembali menggunakan gilingan untuk mie kwetiauw. Lakukan sampai habis. Adonan siap digoreng.
-  Panaskan minyak dalam wajan, goreng adonan yang sudah digiling menggunakan api sedang sampai sedikit kecoklatan. Jangan terlalu coklat ya karna begitu diangkat nanti hasilnya jadi lebih kecoklatan.


* Hasil yang aku buat emang ga terlalu ngembang ya, karna aku buatnya ga pake baking powder. Tapi kalau mau buat dan hasilnya terlihat lebih ngembang, bisa ditambah baking powder 1 sdt aja dalam campuran tepung.


Met Mencobaaaaaa ^.*



Nah, buat yang belum tau penggilingan pasta seperti apa, ini aku fotoin punyaku yaa. Eiitttss tapi bukan promosi loh ;p

No comments:

Post a Comment