Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Saturday, July 14, 2012

Cake Pops - LBT # 16


Alhamdulillah bisa kerjain pe er cake pops nih dengan host mbak Dida Rahmadiah. Begitu tau ada pe er buru - buru bikin mumpung ada waktu, soalnya gak mau terlewat lagi seperti pe er bulan kemarin, akhirnya gak sempat bikin karena lagi full orderan. Waahh kalo gak bikin bisa didepak nih dari LBT, xixixi.

Tapi sayang foto seadanya dan gak sempat foto penampakan dalamnya karena waktu foto pagi - pagi dan buru - buru juga mau dibawa untuk saudara yang lagi liburan ke Bali. Ternyata hasil jadinya banyak banget dan gak mungkin juga Cuma dimakan berdua, akhirnya dibagi - bagi deh :D.

Untuk base cake nya aku pake resep red velvet bunda Ricke dan dicelup coklat kemudian diberi trimit. Hihi seadanya banget. Aslinya buat juga dengan hiasan macam - macam tapi ternyata jadi gak karuan, dan juga ada sebagian yang dicetak dengan cookies cutter, tp setelah dicelup coklat kok gak liatan bentuknya, xixixi.


Yang mau coba bikin sendiri, ini resepnya yaa, Bunda Ricke ijin copas resepnyaa....


RED VELVET CAKE POPS

Cake
by Ricke Indriani (source: Yadi Hf)

Bahan:
125 gram butter/margarin, suhu ruang
250 gram gula kastor (gula pasir halus)

2 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla

250 ml buttermilk
2 sdt red food coloring
---> Campurkan dan aduk rata

250 gram terigu protein rendah
15 gram coklat bubuk (gunakan coklat bubuk yang warnanya coklat kemerahan, jangan yang pekat/hitam)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue
---> Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan



Cara membuat:
1.Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing). Siapkan papercup atau cetakan cupcake. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (Terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam papercup atau cetakan cupcake setinggi 3/4 tinggi cetakan. Segera masukkan ke dalam oven.
6. Panggang sampai matang sekitar 25 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.


Bahan Pelengkap :
Buttercream secukupnya
Coklat leleh
Stick Permen
Trimits warna warni


Cara Membuat Cake Pops :
- Hancurkan cake sampai beremah, kemudian masukkan buttercream secukupnya, aduk rata. Masukkan sedikit –sedikit. Hentikan penambahan buttercream jika dirasa sudah dapat dipulung.
Ambil 1 sdm cake, padatkan kemudian bulatkan. Tata dalam loyang yang sudah diberi alat kertas roti. Lakukan sampai habis
- Masukkan dalam kulkas selama 30 menit. Sambil menunggu cake dalam kulkas, lelehkan coklat



- Keluarkan cake dalam kulkas, celupkan stik permen ke coklat leleh kemudian tusukkan ke cake yang sudah dibentuk bulat hingga setengahnya cake aja. Jangan terlalu dalam menusuknya karena nanti cake nya akan pecah. Kemudian berdirikan cake dengan stik permen menghadap ke atas. Lakukan sampai habis.
Masukkan kembali ke dalam kulkas 10 menit aja sampai cake sedikit mengeras.


 

- Celupkan cake ke dalam coklat leleh dengan gerakan memutar sampai cake tertutup coklat semua. Bedirikan cake pops diatas stereofoam atau dalam gelas. Cake pops siap dihias sesuai selera.


No comments:

Post a Comment