Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Monday, June 25, 2012

Tekwan


Ini sebenarnya aku udah buat lama, tapi baru posting sekarang. hihihi. Untuk biji tekwannya dibuat  barengan sama bikin pempek yang udah pernah aku posting disini.

Suka banget aku makan tekwan, dah dari kecil suka makan ini, malah aku lebih suka tekwan daripada bakso. hihihi. Kalau kuahnya sih hampir mirip dengan bakso menurutku. Tapi kalo tekwan terbuat dari kuah udang. Aku bikin ini pake kaldu ayam aja karena suamiku alergi seafood. Pakai kuah ayam juga mantep banget rasanyaaa. Untuk pelengkapnya ada sedap malam, jamur kuping, bengkuang, soun dan gak ketinggalan bawang goreng. daun seledri sambel dan kecap :D. Yang mau coba yuuk intip resepnya, gak kalah enak deh sama bakso.....


Tekwan
by Tita Kusumaningrum

Bahan :
5 siung bawang putih. memarkan
1 buah bawang bombay, iris kasar
1 sdm garam
1 sdm gula
1/2 sdt kaldu bubuk
1sdt merica
air secukupnya
2 ceker ayam

Pelengkap :
Biji tekwan
2 buah bengkuang, kupas, potong memanjang seperti korek api
100 gram jamur kuping, rendam dalam air panas
1 bungkus soun, rendam air panas sebentar saja
sedap malam ( aku gak pake )
bawang goreng
seledri
sambel dan kecap


Cara Membuat :
- Panaskan air sampai mendidih, masukkan ceker ayam. Tunggu sampai mengeluarkan kaldu.
- Masukkan bawang putih, bawang bombay, garam, gula, kaldu dan merica. Lakukan tes rasa
- Masukkan biji tekwan, kemudian masukkan bengkuang, masak sampai bengkuang empuk. Matikan api.


Penyelesaian :
Letakkan jamur kuping, sedap malam dan soun dalam mangkuk, kemudian tuang kuah tekwan yang berisi biji tekwan dan bengkuang. Beri bawang goreng dan seledri. Sajikan bersama sambel dan kecap. Tekwan siap disajikan. Lebih nikmat bila disantap selagi hangat.

Selamat mencobaaaaa :)


No comments:

Post a Comment