Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Monday, May 21, 2012

Pempek Ikan Tenggiri


Lagi belanja ke pasar, taunya aku liat ada yang jual ikan tenggiri. Waahh pas banget. Emang dah lama banget kepingin buat pempek sendiri cuma ga pernah ketemu ikan tenggiri ini. Ya sudah aku langsung beli banyak skalian.

Hasil jadinya lumayan banyak meski aku buat setengah resep. Ya lumayan banyak lah kalo cuma dimakan berdua aja. xixixi. Jadi sebagian adonan aku buat pempek, sebagian lagi aku buat untuk tekwan lalu aku bekukan di freezer. Ntar kalo aku sudah buat tekwannya pasti aku posting deh :D

Resepnya aku nyontek punya Bunda Ricke. Ijin tulis disini yaaa. Tapi aku cuma buat setengah resep aja dari resep yang aku tulis. Yuukk buat, ga sulit kok. Lebih enak buat sendiri loh. Check it out resepnya yaaa


Pempek Ikan Tenggiri
by Ricke Indriani

Bahan A:
50 gram terigu
200 ml air
2 sdm garam
2 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdm minyak goreng

Bahan B:
1 kg daging ikan tenggiri (berat bersih dagingnya saja/fillet), haluskan ~ lebih bagus setelah dihaluskan daging ikannya dibekukan di freezer dahulu, ketika akan dipakai baru dithawing di suhu ruang --> aku setelah dihaluskan cukup didinginkan aja, tanpa dibekukan
200 ml air
2 butir telur, kocok lepas ~ optional jika menginkan pempek yang teksturnya lebih lembut dalamnya

Bahan C:
1 kg tepung sagu tani ~ biasanya tidak akan terpakai semuanya, kadang hanya 700-800 gram saja yang terpakai. Penambahan tepung sagunya bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dg tangan sampai dirasa sudah cukup dan bisa dibentuk.

Air yang banyak untuk merebus pempek
Minyak untuk menggoreng


Cara membuat:

- Campur bahan A : terigu, air, garam, gula pasir dan bawang putih halus. Aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat. Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas sekitar 30 menit. Sisihkan.
- Keluarkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dari freezer, biarkan mencair dan dagingnya lemas kembali. Dalam keadaan masih dingin, campurkan air dan telur. Aduk rata dengan tangan hingga homogen.
- Keluarkan bahan A dari kulkas, campurkan dengan bahan B, aduk dengan tangan hingga rata.
- Masukkan bahan C (sagu tani) sebagian dulu, kemudian aduk dengan tangan (ujung jari) asal rata saja, jangan diuleni terlalu lama. Tambahkan lagi sebagian, aduk lagi dengan ujung jari asal rata. Hentikan penambahan sagu jika dirasa adonan sudah cukup dan bisa dipulung.
5. Adonan siap dibentuk sesuai selera (kapal selam, lenjer, bulat, dll).
6. Rebus pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng tidak lengket satu sama lain) hingga pempek mengambang. Angkat dan tiriskan . Dinginkan. Pempek siap digoreng.



Nah, untuk cuko nya aku liat di blog mbak Teti Relina tapi aku modif sesuai selera. Dan cuko nya aku lebih suka yang encer. hihihi. ini resepnya 


Cuko Pempek
by Teti Relina Modified by Tita Kusumaningrum

Bahan :
200 gram gula merah
1 liter air
1 sdm munjung asam
garam dan gula secukupnya

Giling :
5 buah cabai merah besar
20 buah cabe rawit ( bisa dikurangi bila tidak suka pedas )
1 sdt garam


Cara Membuat :
- Rebus gula merah dan air sampai mendidih dan gula mencair.
- Masukkan garam, gula dan asam. Kemudian masukkan bahan yang sudah digiling.
- Rebus lagi hingga mendidih. Tes rasa. Saring. Cuko siap digunakan.
- Lebih enak bila diinapkan semalaman.

No comments:

Post a Comment