Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Sunday, May 13, 2012

Puding Tiga Lapis


Halloooo ketemu lagi dengan Tita disini ya. Sudah lumayan lama, sekitar semingguan gak menyentuh blog atau rumah keduaku. Yah emang akhir - akhir ini sedikit sibuk jadi baru sempat sekarang update blog lagi.

Sebenarnya ini puding aku buat sekitar 2 minggu yang lalu. Tapi kelupaan mau posting. Kebiasaan ya. hihihi. Di Bali udara lagi panas - panasnya emang paling enak makan puding. Karena itu aku langsung nyoba deh bikin puding 3 lapis ini. Udah lama banget emang mau bikin puding semacam ini. 

Puding 3 lapis ini ada tiga macam rasa. Untuk lapis pertama rasa capucino, lapis kedua rasa vanila dan lapis ketiga rasa coklat yang nyokat banget. Begitu dimakan ada 3 rasa. Waaww enak banget deh. Resepnya sebenarnya aku cuma kira - kira aja. Untuk takaran gulanya juga. Tapi ini coba aku tulis deh resepnya. Yang mau nyobain yuk intip resepnya. Gampang kok.....


Puding 3 Lapis
by Tita Kusumaningrum

Bahan :
2000 ml susu cair
2 bungkus agar - agar
200 gram gula pasir atau sesuai selera
1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan air panas
1 sdm kopi instan rasa capucino, laritkan dengan air panas
50 gram DCC
1 sdm pasta vanila
1 sdm pasta moka
1 sdm pasta coklat
2 kuning telur


Cara Membuat:
- Masukkan susu cair, gula pasir dan agar - agar dalam panci. Panaskan dengan api kecil dan diaduk terus. Jika tidak diaduk terus nanti susu bisa pecah.
- Jika sudah mendidih, matikan api. Ambil 1/3 bagian adonan puding, kemudian masukkan pasta vanili. Aduk kembali sampai uap hilang. Rendam dalam air panas supaya tidak cepat beku. Sisihkan.
- Nyalakan api kembali, masak kembali adonan puding yang tersisa. Kemudian ambil 1 centong adonan puding dan campurkan ke dalam kuning telur. Kocok sampai puding dan kuning telur menyatu.
- Masukkan campuran puding dengan kuning telur tadi. Masak sampai mendidih. Matikan api.
- Ambil setengah bagiannya, kemudian campur dengan larutan kopi mocacino dan pasta moka. Aduk sampai uapnya hilang. Saring.
- Tuang adonan dalam cetakan. Sisihkan. Sambil menunggu puding mocacino dingin membuat puding yang rasa coklat.
- Nyalakan api kembali kemudian masak lagi adonan puding yang tersisa.
- Masukkan larutan coklat bubuk, pasta coklat dan DCC. Masak sampai DCC larut. Matikan api. Saring. Rendam dengan air panas. Sisihkan.
- Setelah puding yang rasa mocacino dingin dan set, tuang adonan puding rasa vanila secara perlahan. Kemudian tunggu sampai puding dingin dan set kembali.
- Tuang puding yang rasa coklat, tunggu sampai dingin dan set kemudian masukkan kulkas.
- Puding 3 lapis siap disajikan. Lebih nikmat dinikmati dalam keadaan dingin.



Selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment