Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Monday, May 21, 2012

Puding Marble


Udara lagi panas emang enaknya makan puding. Kali ini aku coba buat puding marble. Dah banyak teman - teman di fb yang sudah buat. Hihi berarti aku telat banget yah. Resepnya aku kira - kira sendiri aja sesuai selera. Yang mau coba ini resepnyaaa


Puding Marble
by Tita Kusumaningrum

Bahan A :
1 bungkus agar - agar
100 gram gula pasir
1000 ml air
pewarna secukupnya --> aku pakai 6 macam pewarna : merah, kuning, oranye, hijau, biru dan ungu

Bahan B :
2 bungkus agar - agar
100 gram gula pasir
250 ml SKM putih
4-5 sdm susu bubuk
air 1000 ml
--> skm, susu bubuk dan air bisa diganti dengan susu cair sebanyak 1000 ml


Cara Membuat :
- campur bahan A : gula, agar - agar dan air masukkan dalam panci. Masak sampai mendidih dengan menggunakan api kecil dan diaduk terus secara perlahan.
- Bila sudah mendidih matikan api. Bagi menjadi 6 bagian kemudian diberi pewarna secukupnya sesuai selera. bekukan dan dinginkan. Biar cepat masukkan kulkas
- Setelah beku, potong kotak. Sisihkan
- Campur bahan B : gula, agar - agar, skm dan air yang sudah dicampur dengan skm. Masak sampai mendidih dengan menggunakan api kecil dan diaduk terus secara perlahan. Jaga supaya susu tidak pecah.
- Siram agar - agar yang sudah dipotong kotak tadi dengan air. Lalu saring. Ini bertujuan supaya warnanya tidak luntur di dalam adonan bahan B.
- setelah bahan B mendidih, masukkan agar - agar yang sudah disaring, aduk secara perlahan. Matikan api. Aduk terus sampai uapnya hilang.
- Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air. Aduk kembali di cetakannya. bekukan dan dinginkan. Masukkan dalam kulkas.
- Keluarkan puding marble dari cetakan, potong - potong dan siap disajikan. lebih enak dinikmati saat dingin.


Selamat mencoba..... :)

No comments:

Post a Comment