Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Wednesday, April 25, 2012

Es Dawet Cincau




Cuaca di Bali lagi panas banget dan gak pernah hujan. Hmmm panas gini paling enak minum es dawet. Tapi entah kenapa, aku sama suamiku kalau beli es diluar, langsung sakit. Jadi selama ini selalu nahan aja kalau pingin makan es. Terpikir kenapa gak bikin sendiri aja. Pastinya gak bikin sakit dong.

Sewaktu di Malang dulu, suka banget beli cincau powder. Jadi kalau mau makan es cincau, gak khawatir, karena bikin sendiri dirumah. Nah selama aku di Bali , belum tau tempat yang jual cincau powder seperti yang biasa aku beli. Emang sulit untuk mencarinya, di Malang aja hanya toko tertentu yang jual. Pas aku jalan - jalan, oh ternyata aku mendapatkan cincau powder yang aku maksud. Senangnya hatiku. hihihihi. Di tempat yang sama aku liat dawet powder. hmmm langsung deh terpikir mau buat es dawet...




Yang mau bikin es dawet sendiri dirumah yuk bikin, lebih sehat loh. Untuk dawet sama cincaunya cara membuatnya sesuai petunjuk kemasan ya. Tapi aku Tulis ulang disini. Check it Out Resepnya...


Es Dawet Cincau

Bahan Cincau :
1 bungkus cincau powder
3 gelas air belimbing ( petunjuk di kemasan 4 gelas air )

Bahan Dawet :
1 bungkus dawet powder
600 ml air

200 gram gula merah
100 gam air
-- > masak sampai gula lumer, saring. ( air bisa ditambah jika terlalu kental

50 ml santan ( aku pakai santan instan)
50 ml air
1/2 sdt garam
-- > masak sampai mendidih, angkat.


Cara Membuat :

Cincau :
- Siapkan Mangkuk, masukkan cincau powder dan 1 gelas air, aduk rata.
- Didihkan sisa air. Jika sudah mendidih, masukkan campuran cincau powder. Aduk terus sampai mendidih. Angkat dan tuang dicetakan.
- Tunggu sampai dingin, masukkan kulkas. Setelah beku, potong - potong. Sisihkan

Dawet :
- campur cincau powder dan air di dalam panci. Aduk rata
- Masak sampai mendidih dan mengental. Angkat dan matikan api.
- Siapkan baskom yang berisi air es atau es batu. Beri atasnya penyaring sayur yang bolong - bolong. Bisa juga pake bolongan buat kukusan
- Tuang adonan dawet yang sudah kental tadi ke atas yang bolong - bolong, tekan - tekan dengan sendok sayur. Sesekali dihentakkan. Biarkan dawetnya turun sendiri ke dalam air es.Lakukan sampai habis. Sisihkan.


Penyelesaian :
Siapkan gelas, tuang gula merah secukupnya, dawet, cincau. Dan terakhir tuang santan dan beri es batu secukupnya. Beri sedikit susu kental manis. Es dawet siap dinikmati




Buat yang kepingin tau seperti apa cincau dan dawet powder yang aku pakai, ini gambarnya. Eiittss tapi bukan promosi loh, cuma mau menunjukkan aja. Kali aja ada teman - teman yang gak tau. Hanya sharing aja, hihihi

2 comments: