Hasil karya dari dapur kecilku supaya bisa dinikmati bersama keluarga kecilku

Wednesday, April 18, 2012

Steamed Rainbow Cake


Akhirnya terbayar sudah rasa penasaranku. Udah lama banget kepingin buat rainbow cake. Dan ternyata cake ini lagi booming sekarang ini. Apalagi sudah masuk TV juga, tambah booming deh. Sempat sih aku coba cari - cari resep di mbah google, tp aku gak sreg dengan resepnya. Karena menggunakan putih telur aja. Dan aku gak begitu suka cake dengan putih telur.

Ternyata setelah masuk tv itu, teman-teman makin banyak yang mencobanya. Waahhh makin penasaran deh. Akhirnya ngumpulin tekad dan niat deh bikin rainbow cake. Hihihi, Gimana nggak, bikin rainbow cake ini benar - benar penuh perjuangan dan harus sabar membuatnya. Tapi sesuai deh dengan hasil yang didapat. Rasa capeknya hilang. Apalagi suamiku bilang enak, lembut, beda dari biasanya dan gak ngebosenin. Tambah seneng deh :D



Disebut rainbow cake karena cakenya warna warni seperti pelagi, jadi deh rainbow cake. Cara membuatnya pun berbeda - beda. Ada yang dioven atau dikukus / steam seperti yang aku buat. Membuat lapisan cakenya juga ada yang dibuat satu per satu, diberi filling butter cream kemudian ditumpuk. Ada juga yang dibuat langsung dalam 1 loyang, jadi tanpa fiiling butter cream. Kalau masalah ini sih tergantung selera ya suka yang mana.

Resepnya aku ngintip di blognya mbak Wanti yang menggunakan telur utuh, dan tidak menggunakan putihnya aja. Dan sukanya lagi karena dikukus, yang pasti akan lembut hasilnya. Mbak Wanti ijin copas disini ya. Tfs ya mbak :D


Steamed Rainbow Cake
Resep by Ani Lizzarni Modified by Wanti

Bahan :
8 telur
1 sdm emulsifier
350 gr gula pasir
280 gr terigu
1/2 sdm vanilla susu
300 ml minyak sayur
200 gr buttercream
180 gr keju cheddar --> aku gak pake


Cara Membuat : 
- Timbang bowl lalu dicatat, siapkan 6 buah loyang ukuran 22 x 22 cm olesi dengan margarin lalu beri kertas roti dan dioles kembali, sisihkan.
- Panaskan kukusan.
- Kocok telur dan gula hingga kental dalam bowl yang sudah ditimbang.
- Masukkan tepung dan vanilla susu yang sudah diayak lalu aduk rata.
- Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata dan tidak ada minyak yang masih mengendap didasar bowl.
- Timbang bowl beserta adonannya lalu kurangi berat bowl untuk mendapatkan berat adonan. Bagi 6 adonan sama rata lalu masing-masing diberi warna ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah. (aku pake 5 warna aja, warna kuning ga pake )
- Kukus masing-masing warna selama kurleb 15 menit hingga matang dengan api kecil, angkat lalu dinginkan.
- Campur buttercream dengan 60 gr keju cheddar parut.
- Letakkan 1 lembar cake oles dengan BC lalu letakkan cake berikutnya, lakukan hingga cake habis. Terakhir oles BC lalu beri parutan keju Cheddar gondrong. Biasanya urutan warna mulai dari lapisan paling bawah hingga ke atas adalah ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah, tapi kalo mau urutannya beda juga nggak apa kok. 



Sayang banget ya potongan cake nya belum rapih ya. Mesti belajar lagi nih biar motong cake nya rapi. Pewarna birunya juga kurang sedikit. Masih takut main warna soalnya. Ga apa deh, next time mesti lebih bagus lagi.



Rainbow cake ini bisa juga loh dijadikan base cake birthday cake atau dihias semacam blackforest gitu, Hasilnya lucu dan unik. Kalau gak mau repot bikinnya boleh pesan kok. Contact me for order yaaaa :D

2 comments:

  1. wuihhh..cakep bgt cake nya para blogger sini juga uda pada bikin nih rainbow cake, seperti biasa aku selalu telat buat nya.. hehe

    ReplyDelete
  2. Mba Tita... enak dan lembut sekali kue nya.. aku ijin copas buat diblog ku ya

    ReplyDelete